Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Pengembangan sumber daya manusia diperlukan untuk menghasilkan tenaga ahli sebagai motor penggerak pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap berpegang kepada upaya-upaya penggunaan dan pengelolaan sumber daya alam yang efektif dan efisien serta senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

Berkaitan dengan itu maka peranan perguruan tinggi dalam pembangunan perlu senantiasa ditingkatkan. Jenjang pendidikan tinggi yang ditawarkan kepada masyarakat perlu mengacu kepada ragam dan tingkat kompleksitas pembangunan itu sendiri dan ragam permintaan masyarakat terhadap jenis pendidikan tinggi yang sesuai dengan kesempatan, tantangan, perubahan lokal, regional maupun internasional dalam arus globalisasi.

Universitas Trisakti berupaya mengantisipasi permasalahan di atas dengan mengembangkan Program Magister Teknik Elektro,  yang berdiri pada tanggal 16 Agustus 1993 sampai saat ini. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, pada tanggal 1 Agustus 2002, pengelolaan Program Studi Magister Teknik Elektro dialihkan kepada manajemen Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Trisakti nomor 244/USAKTI/SKR/VI/2002 tentang Penyerahan Pengelolaan Program-program Studi Magister pada Program Pascasarjana kepada fakultas-fakultas terkait di Lingkup Universitas Trisakti. Secara penuh, Fakultas Teknologi Industri mengelola Magister Teknik Elektro pada tahun 2005 hingga saat ini. Prodi Magister Teknik Elektro beralamat di Gedung F&G lantai 4, Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kyai Tapa nomor 1 Jakarta 11440 dengan nomor telepon: (021) 5663232 (hunting), ext 8405, Fax (021) 5605841, Homepage: http://fti.trisakti.ac.id.

Hasil evaluasi dan penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Trisakti memperoleh peringkat akreditasi B berdasarkan Nomor 1872/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2017 tanggal 6 Juni 2017 Tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi untuk Program Magister di Perguruan Tinggi.